Camilan dan Kudapan Lebaran Kekinian yang Aman Buat Lambung

camilan-dan-kudapan-lebaran-kekinian-yang-aman-buat-lambung
Lebaran Idul Fitri sudah di depan mata nih teman Polycrol. Setelah sebulan penuh beribadah dengan penuh semangat, akhirnya tiba pada hari kemenangan yang seluruh umat muslim nantikan. Setelah lahir dan batin kita perbaiki selama berpuasa, tentunya kita ingin mempertahankan jiwa yang bersih dan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, memperhatikan asupan makanan dan pola makan teratur adalah hal yang penting. 


Bicara soal lebaran, pasti tidak lepas dari big-feast dan aneka cemilan khas Idul Fitri yang menggugah selera, kan? Bayangan ketupat sayur, lontong padang, gulai kambing, opor ayam, es buah, dan cemilan-cemilan lebaran lainnya tentu nampak sangat menggugah selera. Eitts, perlu diingat bahwa penderita maag terutama keluarga yang memiliki riwayat gangguan lambung, tetap perlu menghindari makanan-makanan pemicu naiknya asam lambung! Namun, kamu gak perlu bingung akan jenis cemilan dan kudapan menarik yang bisa disiapkan untuk keluarga besar. Berikut ini cemilan-cemilan kekinian yang cocok untuk keluarga dan aman di lambung yang direkomendasikan!


1.  Salad Buah Kekinian


Tak perlu diragukan, kudapan ini pastinya sehat dan menyegarkan untuk menemani obrolan asikmu dengan keluarga. Salad buah ini biasanya terdiri dari aneka buah-buahan favorit, jeli, sedikit kacang-kacangan, dressing, dan taburan keju. Salad dressing atau saus salad nya sendiri terbuat dari campuran mayones, yogurt, dan susu.


Untuk keluarga yang memiliki riwayat sakit maag, perlu diperhatikan bahwa, bahan-bahan yang bersifat asam serta berlemak sebaiknya tidak dipakai. Pilihan buah yang dipakai paling cocok menggunakan buah yang bersifat alkali, seperti buah semangka, melon, apel, pir, pisang, alpukat, dan bluberi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan dressing di atas yang berlabel low-fat, ya!


2. Oatmeal Bar


Buat cemilan keringnya, kamu bisa memanfaatkan oat untuk membuat oatmeal bar, lho. Oatmeal merupakan olahan gandum kaya serat yang sangat baik untuk lambung kamu. Serat akan membantu organ pencernaan kamu bekerja lebih lancar. Selain itu, oat juga memiliki kemampuan untuk mengembang dan menyerap asam di lambung. Sehingga, bisa melindungi dinding lambung kamu juga cepat mengenyangkan.


Membuat oatmeal bar yang crunchy dan lezat gak susah, kok. Cukup campurkan oat kering atau panggang, beberapa kacang pilihan (seperti almond, hazelnut, atau kacang tanah), buah kering seperti kismis dan kurma, serta madu. Buat komposisi sesuai selera kamu, lalu aduk hingga tercampur merata. Pastikan juga agar campuran tidak terlalu basah, ya. Setelah tercampur, tekan-tekan adonan oat, dan bekukan. Voila, oatmeal bar kekiniannya sudah jadi, deh!


3. Smoothie Bowl


Sebelumnya, kamu mungkin sudah pernah dengar istilah smoothie. Kudapan sehat ini sedang populer di kalangan influencer dan health enthusiast, lho! Nah, tidak beda jauh dengan smoothie biasa, smoothie bowl dibuat dengan mencampur beberapa jenis buah utuh yang telah dibekukan, diblender, lalu disajikan di mangkuk. Smoothie bowl memiliki konsistensi lebih padat seperti bubur, dan dilengkapi dengan berbagai jenis topping. Bahan dasar smoothie bowl juga pada umumnya menggunakan pisang yang kaya akan serat, kalium, pektin, dan leukosianidin yang membantu memelihara lambung.


Untuk memberikan cita rasa yang unik, kamu bisa tambahkan yogurt dan buah-buahan lainnya seperti, alpukat dan buah naga, bahkan sayuran seperti bayam dan kale, lho! Untuk toppingnya, kamu bisa pakai buah-buah, remahan biskuit, kacang-kacangan, atau selai pelengkap yang kamu suka. Yang penting, kamu harus tetap pastikan bahan-bahan yang digunakan ramah untuk lambungmu, ya!


4.  Biskuit atau Cracker Jahe


Bagi teman Polycrol yang suka biskuit dan cracker, sudah pernah coba biskuit jahe belum? Biskuit ini tak kalah nikmat dari biskuit cokelat, kok. Kandungan jahe yang ada di dalam biskuit memberikan efek hangat dan menenangkan saat dikonsumsi. Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai manfaat alami dari jahe.


Berdasarkan penelitian yang dilansir oleh Healthline, jahe memiliki senyawa fenolik yang diyakini dapat meringankan gejala iritasi pada lambung dan usus. Zat alami ini juga dapat mengurangi kontraksi otot lambung, sehingga akan mencegah kecenderungan refluk asam lambung. Patut dicoba, kan? Kamu bisa dapatkan dengan mudah di toko-toko cemilan terdekat jika tidak sempat membuat sendiri, kok!


5. Boba Kacang Merah Kekinian


Bubble tea, atau istilah kerennya “Boba” merupakan minuman berbahan dasar susu atau dengan campuran teh, yang disajikan dengan tambahan tapioka dan brown sugar. Variasi boba yang cukup banyak membuat peminatnya pun tak pernah sepi. Maka, tidak ada salahnya kamu mencoba buat boba kekinian sendiri, kan? Kacang-kacangan seperti kacang merah, merupakan sumber protein yang lebih aman untuk lambung, dan kaya akan serat. Kacang ini bisa kamu manfaatkan sebagai bahan dasar topping boba, lho.


Butiran tapioka yang biasa digunakan pada minuman boba, kali ini coba kamu kreasikan dengan menambahkan kacang merah. Pasta kacang merah bisa kamu tambahkan pada butiran tapioka yang telah dimasak, ataupun ke dalam campuran adonan tapioka itu sendiri. Tambahkan “boba kacang merah” yang telah matang pada campuran susu skim atau low-fat dan sirup brown sugar sebagai pemanis. Kamu juga bisa tambahkan topping lain seperti, kurma, peanut butter, dan lainnya untuk mempercantik tampilan Si Boba. Selamat mencoba!


6.  Pear  & Honey Silky Pudding


Puding merupakan kudapan yang disukai semua kalangan dan popularitasnya tak lekang oleh waktu. Selain mudah dibuat, kudapan ini juga hemat serta sehat. Puding dan agar-agar sangat aman bagi lambung. Pada beberapa kasus, puding yang segar dan dingin bahkan dapat membantu meringankan iritasi lambung. Puding kekinian yang sedang banyak diminati food enthusiast adalah silky pudding. Seperti namanya, puding ini memang bertekstur sangat lembut seperti sutra. Bahan dasar puding ini pada umumnya adalah agar-agar, susu atau yogurt, dan perisa buah. Namun, kamu bisa dapatkan bubuk instan puding ini di toko-toko kue terdekat, kok.


Silky pudding dapat disajikan dengan maupun tanpa topping. Untuk membuatnya semakin menarik, kamu bisa tambahkan potongan buah pir segar dan madu manuka. Buah pir merupakan buah yang bersifat alkali dan efektif menetralkan asam lambung. Sedangkan, madu manuka dilaporkan dapat menghambat refluk asam lambung dan kaya akan antioksidan, pada beberapa penelitian. Worth to try banget!


7.  Mashed Potato


Kudapan kekinian selanjutnya yang aman di lambung adalah kentang tumbuk alias “Mashed Potato”. Kentang memang terkenal sebagai makanan pengganti nasi yang mengenyangkan dan sangat aman untuk pencernaan. Mashed potato dibuat dari kentang yang telah direbus atau dikukus, kemudian ditumbuk dan dicampurkan bumbu atau saus.


Kentang merupakan sumber karbohidrat utama yang juga bersifat alkali atau basa, sehingga ampuh menetralisir asam lambung. Lauk pendamping yang cocok untuk mashed potato adalah sayuran tumis, dan daging putih rendah lemak (seperti daging ayam tanpa kulit dan lemak, ikan tuna, udang, dan kepiting). Terdengar lezat, kan?


8. Nasi Tim


Nasi merupakan sumber energi utama bagi masyarakat Indonesia. Ibaratnya tak ada nasi, maka tak makan. Mengonsumsi nasi memang tidak dilarang bagi penderita maag, melainkan sangat dianjurkan. Namun, alangkah lebih baik jika nasi yang akan dikonsumsi bertekstur lembut seperti nasi tim, ya. tekstur nasi yang lembut akan mempermudah kerja organ cerna. Sehingga, kamu dan keluarga tidak perlu khawatir akan perut yang tidak nyaman setelah makan berat.


9. Lontong Sayur dan Opor Ayam


Mungkin bagi beberapa teman Polycrol, tanpa hadirnya makanan bersantan ini lebaran jadi terasa hambar, ya? Di sisi lain makanan ini masuk ke dalam list kudapan yang perlu dibatasi oleh penderita maag. Alasannya, karena santan kaya akan lemak yang lebih sulit dicerna oleh lambung, sehingga dapat memicu sekresi asam lambung berlebih.


Tapi, jangan kecewa dulu. Kamu tetap bisa menyantap hidangan wajib lebaran ini, dengan catatan tidak berlebihan, ya! Batasi juga menggunaan bumbu yang terlalu tajam untuk lambung kamu. Selain itu, kamu juga bisa coba menggantikan santan dengan krimer rendah lemak, lho!


10. Semur Daging


Ini dia kudapan terakhir yang biasanya ditunggu-tunggu saat lebaran. Semur daging! Daging merah memang sebaiknya dibatasi oleh penderita maag. Namun, kamu tetap bisa makan daging pilihan tanpa lemak yang lebih aman untuk lambung, kok! Yang terpenting perhatikan bahan-bahan rempah yang digunakan dalam semur, ya. Jangan sampai berasa terlalu kuat dan pedas, ataupun terlalu berminyak, karena tentunya lambung kamu akan teriritasi.



Itulah berbagai kudapan dan cemilan lebaran kekinian yang bisa kamu coba sajikan selama berlebaran. Mari ceriakan Hari Raya dengan lambung nyaman, teman Polycrol! Hindari segala hal yang dapat memicu gejala maag, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak, serta makan terlalu berlebihan. Pastikan juga pertolongan pertama kekinian yang praktis untuk maag. Selalu sedia Polycrol di sisi kamu, ya! Happy Eid Mubarak!



Referensi:

“Low-acid diet for recalcitrant laryngopharyngeal reflux: therapeutic benefits and their implications” on US National Library of Medicine National Institutes of Health

“Traditional and Medicinal Uses of Banana” on Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry Vol. 1 Issue 3

Diakses pada 17 Mei 2020: Healthline, Mayo Clinic, ProHealth, Medical News Today, Livestrong, HelloSehat, Halodoc, HonestDocs, KlikDokter, Hipwee, My Food Data


Bagikan artikel ini:

0 Komentar

Berikan Komentar

Login