Nutrisi Esensial Ibu Hamil yang Pasti Aman Di Lambung

nutrisi-esensial-ibu-hamil-yang-pasti-aman-di-lambung

Menjaga kesehatan pencernaan sangatlah penting untuk bumil alias ibu hamil. Hal ini tentu berkaitan dengan optimalisasi asupan nutrisi Mums selama masa kehamilan. Organ pencernaan yang terganggu atau tidak terpelihara dikhawatirkan akan mengganggu pencernaan dan penyerapan sumber nutrisi yang lebih lanjut berdampak pada gangguan kesehatan lain, hingga bayi prematur bahkan catat. 


Lantas, apakah ibu hamil yang punya riwayat penyakit maag dan yang baru mengalami gejala maag selama kehamilan, memiliki risiko tinggi tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi? Jawabannya adalah bisa jadi benar, Mums. Karena, saat gejala maag muncul kemungkinan nutrisi lebih sulit dicerna atau dimuntahkan jadi lebih besar. Namun, pada dasarnya gejala maag seperti heartburn pada bumil wajib banget terjadi kok, Mums. Pasalnya, selama masa kehamilan hormon progesteron akan lebih aktif, yang mana hormon ini berperan untuk merelaksasi otot-otot rahim dan berdampak pula pada katup sfingter yang memisahkan antara lambung dengan esofagus. Saat hamil, rahim yang membesar juga tentu akan mendesak organ lain seperti lambung, dan menyebabkan asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan, Mums


Hal yang perlu Mums perhatikan untuk tetap dapat memperoleh nutrisi lengkap tanpa khawatir maag kambuh adalah melalui pemilihan asupan yang tepat. Pemilihan sumber nutrisi yang salah bisa berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin, seperti makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya, atau yang dapat mengganggu organ pencernaan seperti makanan pedas dan terlalu asam, kopi, serta minuman bersoda. Yuk simak penjelasan di bawah ini, terkait nutrisi-nutrisi yang diperlukan dan aman bagi lambung bumil.


1. Protein

Protein merupakan sumber nutrisi utama yang penting untuk perkembangan jaringan dan organ janin, termasuk otak Sang Buah Hati. Selain untuk janin, nutrisi ini juga sangat penting untuk perkembangan jaringan di sekitar rahim dan kelenjar susu Mums, serta melancarkan suplai nutrisi pada janin, lho.


Sumber protein terbaik yang cenderung aman untuk lambung ibu hamil di antaranya daging lean cut (tanpa lemak), kacang-kacangan, polong-polongan, putih telur, keju low fat, dan ikan (lebih baik ikan air tawar).


2. Asam Folat

Dalam trimester awal atau 12 minggu pertama kehamilan, Sang Buah Hati sangat memerlukan nutrisi asam folat untuk membantu perkembangannya. Asam folat diperlukan untuk mecegah risiko cacat tulang belakang (neural tube) atau disebut juga sebagai spina bifida.


Mums membutuhkan setidaknya sebanyak 600 sampai 800 mikrogram asam folat per harinya. Asam folat ini bisa kamu temukan dalam kacang-kacangan, polong-polongan yang telah dikeringkan, sayuran hijau, buah alpukat, dan organ hati ayam atau sapi. Namun, untuk mencegah rasa tidak nyaman di lambung, masaklah bahan-bahan tinggi lemak seperti organ hati hewan dengan cara yang tepat, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus ya, Mums!


3. Kalsium

Mineral ini penting sekali buat perkembangan dan kekuatan otot, sendi, serta tulang janin dan Mums sendiri, lho. Ibu hamil, terutama pada usia muda, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan harian kalsium sebanyak 3-5 porsi makan, atau mengandung sejumlah 1200 miligram kalsium. Sebaiknya, gunakanlah sumber kalsium yang berasal dari nabati dan bersifat rendah lemak, agar tidak memicu maag kambuh. Mums bisa mengonsumsi yogurt (yang juga dapat berperan sebagai probiotik), pudding, dan tahu sebagai sumber kalsium.


4. Zat Besi

Zat besi mampu melancarkan peredaran darah, dan menjaga asupan oksigen untuk ibu dan janin. Mums memerlukan sekitar 27 miligram zat besi per hari, dan dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran-sayuran hijau terutama bayam, telur, daging tanpa lemak, dan olahan gandum seperti roti dan sereal.



5. DHA (Docosahexaenoic acid)

Ketika mendengar iklan susu, kita pasti sering banget mendengar penjelasan terkait betapa pentingnya DHA bagi perkembangan otak janin ya, Mums. Bumil memang perlu mengonsumsi setidaknya 200 mg DHA setiap harinya selama masa kehamilan dan menyusui. Sumber nutrisi ini bisa didapatkan dalam makanan yang kaya akan omega 3 seperti, kacang pinto dan kacang merah, buah bluberi yang juga kaya akan antioksidan, minyak hati ikan kod, biji chia, telur omega, dan ikan salmon matang. Dan yang terpenting, rekomendasi sumber DHA di atas aman buat lambung Mums, kok !


6. Karbohidrat

Energi paling tinggi diperoleh dari karbohidrat, Mums! Oleh karena itu, tentu asupan karbohidrat menjadi yang utama untuk menjaga tubuh bumil lebih fit dan bertenaga. Nasi yang lembut seperti nasi tim, atau bubur, dan homemade pasta merupakan sumber karbohidrat terbaik yang tentunya aman untuk penderita maag dalam masa kehamilan.

Tips Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bumil Tanpa Takut Maag Kambuh

1. Makanlah dalam porsi kecil, namun lebih sering (3-6 kali sehari)

2. Konsumsi asupan nutrisi Mums perlahan-lahan

3. Minum air yang cukup saat makan, dan minumlah sedikit-sedikit alias jangan langsung meneguk banyak

4. Setelah makan, lebih baik tempatkan diri pada posisi duduk atau berdiri

5. Jangan langsung tiduran setelah makan

6. Saat tidur, posisikan kepala dan dada Mums lebih tinggi daripada perut

7. Cobalah pahami terkait hal-hal yang mungkin akan memicu munculnya gejala maag, dan upayakan untuk hindari hal pemicu tersebut

8. Pakailah busana yang longgar agar perut Mums tidak sesak

9. Jika gejala maag sangat mengganggu, Mums bisa pertimbangkan untuk minum antasida. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter juga ya, karena antasida memiliki risiko kategori C berdasarkan US Food and Drugs Administration (FDA), yang artinya mungkin dapat berisiko atau berefek bagi ibu hamil dan janin.


Masa kehamilan adalah masa-masa penting yang membahagiakan dan penuh perjuangan, Mums. Selalu jaga kesehatanmu agar Si Kecil juga dapat bertumbuh dengan baik dan sehat, ya. Semangat, Mums!



Referensi:

Diakses pada 28 Juni 2020 U.S. Department of Agriculture (USDA), Healthline, Health.com, EatingWell, Parenting Orami, Alodokter, HelloSehat, PopMama


Bagikan artikel ini:

0 Komentar

Berikan Komentar

Login