Atasi Sakit Maag dengan Si Kuning “Tanaman Kunyit”

Menderita gangguan asam lambung atau sakit maag sangatlah tersiksa. Apalagi jika sedang kambuh di saat pekerjaan menumpuk, semua aktivitas bisa terganggu gara-gara nyeri yang dirasakan.

Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit maag, salah satunya yaitu karena dinding lambung yang rapuh dan asam lambung yang tinggi. Kemudian ada juga kerena pola makan yang tidak teratur dan mengkonsumsi obat yang tidak tepat sehingga lambung tidak dapat menerimanya.

Biasanya saat sakit maag kambuh, para penderita akan mengonsumsi obat pereda rasa sakit. Padahal, untuk mengobati penyakit tersebut, ada bahan-bahan alami dari tanaman-tanaman memiliki khasiat untuk mengurangi sakit maag, Salah satu tanaman yang memiliki khasiat dan manfaat alami untuk menyembuhkan sakit maag adalah tanaman kunyit.

Sudah tidak asing kan dengan yang satu ini? Perlu kita ketahui  tanaman Kunyit mengandung berbagai bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti senyawa kurkominoid.  Senyawa itu terdiri atas kurkumin, desmotoksikumin, dan juga bisdesmitoksikurkumin. Selain senyawa kurkuminoid, kunyit juga mengandung zat bermanfaat lainya yaitu minyak atsiri, karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, fosfor dan juga zat besi. Luar biasa bukan manfaat dari tanaman kunyit ini.

Menurut Dr. Nurfida, ahli tanaman kunyit dari Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada mengatakan bahwa tanaman kunyit ini mengandung zat antiinflamasi atau zat antiradang sehingga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit maag.

“Zat dalam tanaman kunyit kunyit kuning, termasuk tanaman kunyit putih sama-sama memiliki zat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri pada perut ketika maag,” tutur Dr. Nurfida.

Beberapa senyawa yang terkandung dalam tanaman kunyit memiliki efek protektif (perlindungan) terhadap saluran pencernaan.

Untuk membuktikannya, penelitian dilakukan dengan tikus dan kelinci sebagai hewan percobaan menunjukkan bahwa tanaman kunyit dapat menghambat pembentukan luka pada lambung. Hasil penelitian menunjukkan dengan pemberian tanaman kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3% pada kelinci dan 24,4% pada tikus.

Bagi penderita maag, Tanaman Kunyit yang mudah kita jumpai di daerah Indonesia ini, bisa diolah dan dijadikan sebagai obat maag. Simak, berikut cara membuat tanaman kunyit untuk obat sakit maag:

  1. Bagian kunyit yang digunakan untuk obat maag adalah bagian rimpangnya. Ambil sekitar 2 hingga 3 rimpang kunyit. Bersihkan hingga benar-benar bersih, lalu kita kupas kulit arinya. Perut kunyit yang telah dikupas tersebut. Peras kunyit tersebut hingga mengeluarkan air.
  2. Setelah itu minumlah air perasan yang dihasilkan dari perasaan tanaman kunyit tersebut pagi dan sore hari secara rutin agar penyembuhan berjalan optimal.

Sangat mudah bukan cara membuat tanaman kunyit untuk obat sakit maag?

Selain mengobati sakit maag, beberapa penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman kunyit adalah seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker otak, tumor, amandel, hingga radang tenggorokan.

Nah jika bagi yang sedang menderita sakit maag coba saja dengan mengkonsumsi ramuan tradisional dengan tanaman kunyit ini. Selain banyak khasiatnya, mudah didapatkan, murah, pastinya hal ini juga tidak berbahaya untuk dikonsumsi karena berbahan dasar alami.

Selamat mencoba.