Awas! Makan Gorengan Picu Naiknya Asam Lambung

Gorengan merupakan salah satu jenis camilan yang paling banyak digemari masyarakat kita. Selain enak, berbagai jenis gorengan biasanya dijual dengan harga yang relatif murah. Tak heran jika jajanan gurih itu banyak tersedia di kantin, warung atau bahkan di kaki lima.

Tetapi tahukah kita, camilan yang gurih dan renyah yang mengandung lemak itu berbahaya bagi kesehatan? Mungkin sebagian dari kita tentu tahu, gorengan yang dijual sering menggunakan minyak yang dipakai berulang-ulang. Hal ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut kita simak tentang bahaya lemak pada gorengan.

Terlalu banyak makan gorengan bisa berpengaruh pada meningkatnya kolesterol yang mengancam kesehatan jantung kita. Tak hanya itu, lemak juga memicu naiknya asam lambung. Sehingga bagi kita yang memiliki keluhan gangguan asam lambung dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi jenis makanan gorengan tersebut.

Tak hanya gorengan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah naiknya asam lambung. Jenis makanan lain seperti fastfood dan junkfood seperti pizza, hot dog dan frenchfries atau kentang goreng juga perlu dihindari karena berpotensi memicu naiknya asam lambung.

Banyak ya yang harus dihindari bagi kita penderita Sakit Maag. Mulai dari gorengan, junkfood, dan fastfood. Padahal, makanan-makanan ini sangat menggiurkan untuk dikonsumsi.

dr. Phaidon L Toruan, MM, seorang ahli dan inspirator hidup sehat berpendapat makanan yang digoreng atau berlemak tidak baik bagi penderita gangguan Sakit Maag.

“ Makanan yang mengandung lemak, menyebabkan lambung akan cepat terisi tapi lebih lambat dicerna, alhasil seseorang akan merasa sudah kenyang dan tidak akan cepat lapar padahal baru makan dalam porsi sedikit. Hal ini membuat kerja lambung akan terganggu.” jelasnya.

Akibatnya, tubuh secara otomatis akan menghasilkan asam lambung ekstra dalam sistem pencernaan, juga memperlambat pengosongan lambung, sehingga lambung akan lebih terdistensi dan lebih meningkatkan kemungkinan terjadinya aliran balik dari asam lambung ke kerongkongan.

Itu sebabnya, jika Kita mempunyai masalah lambung, sebaiknya menghentikan kebiasaan mengkonsumsi gorengan. Namun, bagi kita yang tidak mempunyai masalah lambung pun disarankan mengurangi makan gorengan agar terhindar dari resiko penyakit asam lambung, tukak lambung dan bahkan sakit maag. Karena jika sakit maag sudah menyerang kita, pola hidup dan segala makanan yang dikonsumsi harus kita perhatikan betul-betul agar sakit maag tidak muncul kapan saja.