Cara Manjur Redakan Gangguan Asam Lambung Saat Hamil

Datangnya anggota keluarga baru melalui kehamilan merupakan kebahagiaan untuk pasangan menikah. Namun kebahagiaan tersebut diiringi pula dengan perubahan fisik saat mengandung. Perubahan fisik saat hamil misalnya,sebut saja morning sickness, tumit membengkak, sering buang air kecil hingga nyeri di ulu hati dan sensasi terbakar di dada. Perubahan fisik yang disebutkan terakhir yaitu adalah gejala umum gangguan asam lambung, kondisi yang normal terjadi selama kehamilan.

Tentunya, kebanyakan perempuan ingin merasa nyaman selama kehamilan. Namun,jika      gejala gangguan asam lambung seperti nyeri di ulu hati dan sensasi terbakar di dada sudah sangat mengganggu, minimal ada empat cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya selama masa kehamilan. Caranya adalah :

  1. Makan Sedikit Namun Sering

Menurut Rachel Brandeis, M.S, Ahli diet nutrisi kehamilan di Atlanta, yang dilansir dari situs Parents.com, “Ketika hamil, ada lebih sedikit ruang pada perut untuk terisi.” Artinya, ketika makan lebih banyak, maka ini akan menekan abdomen. Kondisi ini akan memicu kondisi munculnya nyeri. Ia juga menyarankan, ketimbang makan tiga kali sehari lebih baik enam kali makan namun jumlah yang sedikit. Porsi makanan yang lebih kecil akan membuat tubuh lebih mudah mencerna sehingga meredakan gejala nyeri di ulu hati.

  1. Hindari Makan 3 Jam Sebelum Jam Tidur

Ada lagi pendapat Ahli yang lain Russel Dickey, M.D, dokter kandungan & ginekolog dari USMD Health System yang menyebutkan bahwa sebaiknya ibu hamil menghindari makan paling tidak 3 jam sebelum jam tidur. Seperti saran untuk bagi penderita gangguan asam lambung pada umumnya, berbaring setelah makan bisa meningkatkan kesempatan asam    pada lambung untuk naik ke esofagus.

  1. Gunakan Bantal Tinggi Saat Tidur

Agar esofagus tidak pada posisi lebih rendah ketimbang perut, maka penting untuk ibu hamil memakai bantal yang lebih tinggi. Hal ini diyakini berdampak besar untuk mencegah gejala heartburn yang muncul sebab zat asam pada perut akan tetap pada posisinya. Gunakanlah bantal yang membuat posisi kepala sekitar 6 hingga 8 inchi lebih tinggi dari tubuh. Selain itu, disarankan juga untuk tidur miring ke sebelah kiri karena posisi ini membuat zat asam pada perut sulit untuk naik ke esofagus.

  1. Minum Antasida Jika Diperlukan

Antasida adalah pilihan tepat untuk ibu hamil yang ingin segera meredakan sakit atau nyeri karena gangguan asam lambung. Obat ini memang memiliki fungsi untuk menetralkan pH lambung serta mengikat cairan asam lambung. Namun penggunaannya haruslah tidak dalam jumlah yang berlebihan, dan hanya jika diperlukan saja.

 

Itulah tadi empat cara yang bisa mengurangi atau menghindari rasa nyeri akibat gangguan asam lambung saat masa kehamilan. Namun, jika empat cara tersebut belum membantu mengurangi rasa perih ketika hamil, sangat disarankan untuk segeralah konsultasi ke dokter demi mendapatkan penanganan lebih lanjut.