Gangguan Pencernaan sebabkan Sinusitis ?

Percaya atau tidak, banyak orang awam bertanya apakah gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung berkaitan dengan penyakit sinusitis. Terlebih kedua jenis penyakit ini memang memiliki sedikit kemiripan, terutama pada gejala yang timbul. Gejala seperti sakit gigi dan bau mulut tak sedap menjadi kesamaan dari penyakit asam lambung dan sinusitis. Namun apakah ini bisa menjelaskan dan menarik kesimpulan bahwa kedua penyakit ini saling berkaitan? Berikut ini beberapa pendapat tentang apakah gangguan pencernaan seperti asam lambung dan sinusitis memang berkaitan.

Dr Timothy Smith, seorang profesor otolaryngology dan kepala rinologi dan operasi sinus di Medical College of Wisconsin, Milwaukee menjelaskan bahwa penyakit asam lambung bukanlah penyebab utama terjadinya sinusitis. Namun selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa kedua penyakit ini bisa saja berkaitan sebab dari penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa mereka yang memiliki kelainan pada sinus sering kali mempunyai masalah dengan asam lambung.

Pendapat umum dari kaitan kedua penyakit ini adalah asam lambung membuat jalan naik dari perut hingga ke hidung dan sinus. Akibatnya, asam melukai sinus sehingga menyebabkan peradangan. Tentunya pada realitanya tak sesederhana itu.

Ada juga pendapat lainnya dari seorang Ahli bernama Jordan S. Josephson, MD,dari University of New York, yang mengatakan bahwa lendir infeksi dari penyakit sinusitis bisa saja menetes ke bagian belakang tenggorokan sehingga merangsang perut dan menyebabkan asam menjadi kembali ke saluran esofagus. Inilah yang kemudian penyebab terjadinya mulas yang kronis, salah satu penyebab penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Selanjutnya, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Nebraska di tahun 2002 diketahui bahwa tanpa harus mencapai area sinus bahkan saluran tenggorokan, penyakit asam lambung atau GERD bisa saja memicu sinusitis melalui perubahan neurologis.

Meski demikian, kasus terkaitnya penyakit asam lambung dan sinusitis cenderung lebih muncul pada anak-anak. Hal ini kemungkinan disebabkan karena jarak antara saluran kerongkongan bawah dan saluran hidung mereka yang lebih pendek ketimbang orang dewasa. Ini mengakibatkan jika terjadi refluks, peluang asam mencapai area hidung menjadi lebih cepat.

Kesimpulan singkatnya, kaitan antara kedua penyakit asam lambung & sinusitis hingga kini memang belumlah jelas. Namun untuk menghindari keduanya muncul di waktu yang bersamaan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti menghindari makanan yang mengandung asam, makanan pedas atau berlemak tinggi, mengurangi konsumsi kopi, dan minuman bersoda.

Mandi dengan air hangat, perbanyak konsumsi air putih, tidak tidur larut malam dan olahraga rutin juga bisa mengurangi resiko penyebab kedua penyakit tersebut terjadi.

Saran terbaiknya adalah yuk Kita terapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan yang sehat pula agar terhindar dari penyakit.