Inilah Khasiat Luar Biasa Brokoli bagi Penderita Sakit Maag

Banyak dari kita mungkin sudah mengetahui tentang banyaknya manfaat dari brokoli. Ya, sayuran yang satu ini sudah tidak asing di mata kita. Selain bentuknya yang unik dan memiliki rasa yang enak, ternyata brokoli juga memiliki banyak manfaat untuk  penderita sakit maag. Memang apa manfaat brokoli bagi penderita sakit maag? Yuk kita simak beberapa pendapat ahli untuk mendukung jawaban ini.

Brokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang paling bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi yang lengkap yakni, energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, B1, B2, dan Vitamin C, fosfor, serat, besi dan niasin.

Berbagai penelitian menunjukkan, kandungan gizi brokoli sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Brokoli juga dikenal sebagai sayuran yang mempunyai khasiat untuk penderita penyakit maag. Dalam suatu penelitian di Jepang, para ahli berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari dalam kurun waktu dua bulan, dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang dapat menyebabkan penyakit maag, infeksi lambung, dan bahkan kanker perut. Wah.. perlu dicoba bukan untuk kita yang sudah memiliki gangguan maag. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan mengonsumsi secara teratur.

Namun demikian, perlu juga diperhatikan dalam hal pemilihan Brokoli, pastikan kita tidak sembarangan dalam memilih brokoli yang baik untuk dikonsumsi. Sebenarnya semua jenis brokoli baik untuk dikonsumsi, adapun brokoli yang paling baik untuk dikonsumsi adalah brokoli yang berwarna hijau gelap dan bertekstur jelas kasar. Brokoli dengan jenis ini dapat dengan mudah kita dapatkan di pasar atau supermarket.

Brokoli dapat dikonsumsi dengan beberapa cara. Tidak ada larangan untuk dimasak terlebih dahulu ataupun langsung dimakan, karena khasiatnya akan sama saja. Konsumsi brokoli bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara. Bila kita termasuk  yang menyukai makanan yang segar, maka kita bisa memakan brokoli secara langsung ataupun dengan mencampurkannya dengan sayuran lain sebagai lalapan, atau juga bisa menjadikannya dalam hidangan salad. Namun bila kita tidak menyukai brokoli yang masih mentah, kita juga bisa menikmatinya dalam bentuk jus yang segar.

Itulah manfaat yang bisa kita ambil dari mengonsumsi brokoli. Terutama bagi para penderita penyakit maag. Selamat mencoba.