Mengejutkan, Wanita Ternyata Lebih Sering Alami Gangguan Maag Ketimbang Pria

Tak bisa dipungkiri, pria dan wanita memiliki karakter yang berbeda baik fisik, hormonal, bahkan kondisi psikisnya. Perbedaan ini berbanding lurus dengan perbedaan kondisi kesehatan tubuhnya. Faktanya, pada penyakit tertentu seperti maag, wanita cenderung merasakan sakit yang lebih parah dibandingkan pria. Berbagai riset pun telah membuktikan bahwa wanita lebih berpotensi mengalami penyakit asam lambung atau yang biasa disebut gastroesophageal reflux (GERD).

Hal ini terungkap dari hasil penelitan yang dipublikasikan  oleh Archives of Surgery, tim Peneliti Australia. Penelitian ini melibatkan hampir 3.000 orang dewasa  dari kalangan masyarakat umum  serta 2 ribu lainnya yang  mengalami masalah gastroesophageal reflux (GERD). Hasilnya, wanita dilaporkan lebih sering mengalami sakit maag yang lebih parah daripada pria. Sementara pria lebih cenderung memiliki sfingter esofagus yang lebih rendah (LES).

Faktanya, wanita memang memiliki resiko stress lebih tinggi dibandingkan pria. Padahal semakin stress, semakin mudah pula penyakit asam lambung menghampiri. Pada wanita berumur lebih tua juga lebih cenderung mengalami obesitas daripada pria. Selain itu, bagian atas perut yang menonjol hingga ke bagian diafragma tentunya membuat asam lambung pada kaum perempuan lebih mudah naik.

Meski memiliki potensi yang lebih kecil, para pria sebenarnya juga menunjukkan keluhan gejala refluks asam lambung yang tinggi, namun mereka umumnya kurang peduli pada gejala yang dirasakan dan tidak serius untuk mencari perawatan medis. Padahal GERD yang tak kunjung ditangani akan menyebabkan kondisi tak terduga. Pada level yang sangat serius, penyakit ini bisa bermetamorfosa menjadi kanker esofagus yang tentunya sangat berbahaya.

Guna menghindari kemungkinan GERD berkembang menjadi lebih parah, ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk mengurangi GERD sejak dini. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah dengan menghindari mengonsumsi alkohol, makanan berlemak tinggi, dan makan makanan yang kurang serat.

Selain itu, berhenti menggunakan tembakau juga merupakan langkah yang tepat bagi penderita GERD. Langkah lain yang tak kalah pentingnya adalah dengan berusaha keras mempertahankan berat badan sehat. Tentunya hal ini harus diiringi dengan diet yang seimbang dan menjaga asupan tubuh dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar.

Para wanita khususnya, harus benar-benar menjaga asupan tubuhnya agar tak sampai melukai lambung. Menghindari stress berlebih juga merupakan suatu keharusan. Karenanya, setiap kita harus berbahagia agar tetap sehat.