Minum Air Putih Paling Efektif Mencegah Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah sebuah kondisi dimana munculnya nyeri di bagian ulu hati. Biasanya penyakit ini datang bersamaan dengan tanda lain yaitu adanya sensasi terbakar di dada. Saat penyakit ini muncul, penderita akan merasa kesakitan setelah makan atau bahkan ketika membungkukkan badan. Gejala lainnya seperti batuk kering, kembung, cukup sering bersendawa hingga bau mulut tak sedap seringkali terjadi menyerang.

Penyakit ini terjadi karena beberapa penyebab seperti kelebihan berat badan, stres, faktor keturunan hingga konsumsi makanan atau minuman tertentu. Hal ini terkadang masih dianggap normal apabila hanya sesekali terjadi, namun apabila gejala penyakitnya sering kali terjadi, disarankan untuk mendapatkan penanganan dokter.

Kabar baiknya, ada sebuah cara sederhana yang dipercaya bisa mencegah naiknya asam lambung. Cara ini bisa mudah dilakukan, tak perlu mengeluarkan biaya banyak dan tanpa disadari sering kita lakukan, yakni meminum air putih. Seperti yang diketahui, air sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Tak hanya untuk memenuhi asupan harian tubuh  yang memang 50 persen lebih terdiri dari air, konsumsi air putih juga dipercaya berdampak baik untuk mereka para penderita penyakit asam lambung.

Lantas, bagaimana meminum air putih menjadi cara efektif mencegah penyakit asam lambung? Menurut ahli, Anesthesiologist, Dr. Pramod Kerkar MD dari Amerika, pada sebuah laman di situs epainassist.com,  meminum air putih bisa sangat membantu mengurangi sensasi terbakar di dada yang sering muncul ketika asam lambung naik. Bahkan Ia juga menyebutkan bahwa meminum air putih dengan interval tertentu bisa membantu menjaga kadar asam yang dibutuhkan oleh perut untuk membersihkan esofagus hingga mengencerkan asam yang bisa meringankan naiknya asam lambung.

Selanjutnya dalam mengulas pentingnya air putih untuk mengobati asam lambung, disebutkan pula secara spesifik bahwa sangatlah penting untuk mengkonsumsi air putih dengan kadar pH 7 (tujuh) keatas. Kadar pH air minum umumnya adalah 6 sampai 7. Air dengan kadar pH 7 (tujuh) disebut disebut dengan ph netral. Namun ada juga air minum dengan tingkat pH yang lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9. Air minum seperti ini disebut juga sebagai air alkali. Beberapa orang percaya bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh.

Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan bahwa meminum air alkali dengan pH sebesar 8,8 dapat membantu menonaktifkan pepsin (enzim utama penyebab refluks asam lambung) dan mengurangi tingkat keasaman isi lambung. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut.